Pendidikan Profesi Guru

Selamat ! PPG IAIN Pontianak Raih Akreditasi “BAIK”

Pontianak – Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) merilis hasil penilaian Program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan nilai akreditasi Baik, hal tersebut tertuang dalam surat keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh BAN-PT dengan nomor 3130/SK/BAN-PT/PB-PS/PP/V/2022 tentang akreditasi program PPG IAIN Pontianak.

Sekretaris PPG, Budiyono, S.Pd.I, M.Pd membenarkan jika PPG IAIN Pontianak yang mulai mendapatkan izin operasional tanggal 6 Januari 2021 ini telah mendapatkan akreditasi “Baik”.

“Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras para dosen, staf, admin dan semua yang terlibat di PPG. Oleh sebab itu,  Pertama kita bersyukur kepada Allah karena atas nilai baik ini. Kedua, kami bangga dengan hasil yang dicapai meski harapan sebenarnya ingin mencapai Unggul. Mengingat prodi PPG ini merupakan program studi baru, setidaknya nilai akreditasi minimum tersebut menjadi awal yang baik” paparnya, Rabu (24/05/22).

Pada kesempatan yang berbeda,  kaprodi PPG IAIN Pontianak  Ana Rosilawati, M.Ag juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses akreditasi hingga memperoleh hasil membanggakan.

“Saya atas nama ketua program studi PPG, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung proses akreditasi ini hingga memperoleh hasil yang cukup membanggakan, terutama saya sampaikan kepada pimpinan IAIN Pontianak, rektor dan wakil rektor, pimpinan di unit-unit lembaga yang ada IAIN Pontianak, serta pimpinan di lingkungan FTIK mulai dari dekan, wakil dekan, Kabag, Kasubbag, tiim akreditasi, staf, admin, sekretaris prodi, serta seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan proses akreditasi selama ini” ucapnya

Rasa bangga juga disampaikan dekan FTIK, Dr. Dwi Surya Atmaja, MA atas capaian prestasi akreditasi yang diraih oleh PPG IAIN Pontianak.

“Saya sangat senang dan bangga atas kerja keras tim PPG IAIN Pontianak yang dilakukan selama ini hingga akhirnya meraih akreditasi Baik,” ungkapnya. Lebih lanjut  Dr. Dwi Surya Atmaja menambahkan bahwa dengan diraihnya akreditasi Baik oleh PPG IAIN Pontianak, diharapkan dapat ditingkatkan lagi agar kedepan bisa jauh lebih baik lagi serta turut meningkatkan prestasi IAIN Pontianak” tutupnya.

Sementara di tempat terpisah saat dimintai komentarnya mengenai hasil nilai akreditasi PPG, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA, menjelaskan “hal ini dapat tercapai dikarenakan Tim PPG IAIN Pontianak sangat kompak dan selalu berupaya mengelola waktu sebaik mungkin dalam menyiapkan dan menyampaikan akses semua data dukung akreditasi. Akreditasi PPG ini merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi yang mencerminkan kelayakan tahap akademik dan profesinya” ucapnya.

“Hasilnya mencerminkan totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan’ imbuhnya.

Penulis: Abd. Hamid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *